Kaleidoskop Desa Binaan Tepus – Gunung Kidul

Kaleidoskop Desa Binaan Tepus – Gunung Kidul

Desa tepus, kecamatan wuluh, kabupaten Gunung Kidul sudah sejak lama menjadi perhatian Fakultas Farmasi untuk mengembangkan kehidupan disana. Desa ini dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan darat dengan bermotor atau mobil, dengan suasananya perbukitan dan juga dekat dengan daerah wisata menjadi daya tarik tersendiri jika kita ingin berkunjung kesana. Tercatat sudah dua dekade ini Farmasi UAD mengembangkan kehidupan disana, mulai pengembangan pola hidup sehat sampai pembelajaran ibadah dasar bagi seorang muslim. Dari solat lima waktu sampai qurban di hari raya idul adha.

Dalam pelaksanaannya, pembinaan desa binaan ini di pegang langsung oleh BEM Fakultas Farmasi UAD melalui Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat. Dalam setahun perwakilan BEM paling sedikit empat kali berkunjung ke desa binaan tersebut dengan berbagai kegiatan yang telah tersusun dan terencana selama satu tahun kepengurusan. Kegiatan dimulai dari Pelatihan ibadah (Solat, Mengaji) , Cek kesehatan, Perayaan hari raya, Tabligh Akbar dan kegiatan lainnya. Yang paling kelihatan dari kehadiran Farmasi UAD di desa Tepus adalah telah berdirinya masjid dan sudah rutinnya dilaksanakan pelaksanaan solat lima waktu secara berjamaan dan anak-anak mulai gemar mengaji dan tak hanya itu masyarakat telah sadar akan pentingnya pelaksaan pemotongan hewan qurban pada setiap hari raya Idul Adha.

Kegiatan yang saat ini berjalan diantaranya :

  1. Kegiatan Ramadhan
Merupakan kegiatan pada bulan ramadhan yang dilakukan bersama masyarakat padukugan wuluh, meliputi kegiatan keagamaan  maupun kegiatan masyarakat lainnya seperti mengajar TPA, pelatihan ibadah, lomba anak-anak, buka puasa bersama, dll.
Untuk meningkatkan iman dan takwa terhadap Allah SWT dan mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat

Meningkatkan jiwa sosial yang islami yang sesuai dengan syariat islam

Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang keagamaan

2. Kegiatan Qurban

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT setiap Bulan dzulhijah.

3. Pelatihan Ibadah

Pelatihan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk beribadah. Seperti ibadah solat, mengaji dan ibadah lainnya.

Berikut Dokumentasi Kegiatan di Desa Tepus :

Klik Disini : SOSPEM-TEPUS (1)

Klik Disini : File 2

bemfarmasi administrator

Leave a Reply